Sabtu, 02 Nov 2024
  • Selamat Datang Di Official Website SMP Negeri 1 Wonoasri Kabupaten Madiun

Visi Misi

VISI MISI SMPN 1 WONOASRI

A. Visi

Kurikulum Operasional Sekolah disusun oleh Satuan Pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di sekolah. Sekolah sebagai unit penyelenggara pendidikan juga harus memperhatikan perkembangan dan tantangan masa depan diantaranya adalah:perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, globalisasi yang memungkinkan sangat cepatnya arus perubahan dan mobilitas antar dan lintas sektor serta tempat, era informasi, pengaruh globalisasi terhadap perubahan perilaku dan moral manusia, berubahnya kesadaran masyarakat dan orang tua terhadap pendidikan, era perdagangan bebas

Tantangan dan peluang itu harus direspon oleh SMPN 1 Wonoasri, sehingga visi sekolah diharapkan sesuai dengan arah perkembangan tersebut. Visi tidak lain merupakan citacita moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Adapun visi SMPN 1 Wonoasri adalah:

“ UNGGUL DALAM PRESTASI, TERAMPIL, BERKARAKTER DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN BERLANDASKAN NILAI-NILAI PANCASILA ’’

Indikator Visi :

Meningkatkan Prestasi Akademik dan Non Akademik

Terwujudnya pendidikan yang mengembangkan keterampilan abad 21

3. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan Karakter siswa ( 5S, Pembiasaan doa Bersama setiap pagi )

4. Terwujudnya pendidikan berwawasan lingkungan

5. Terwujudnya pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar

Pancasila, yang memiliki enam dimensi utama yaitu:

a. Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia,

b. Mandiri,

c. Bernalar Kritis,

d. Kreatif,

e. Bergotong-royong

f. Berkebinekaan global.

B. Misi

Berdasarkan visi yang telah dirumuskan, untuk mewujudkannya diperlukan suatu misi berupa kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan. Adapun Misi yang dirumuskan berdasar visi adalah sebagai berikut:

1. Mewujudkan lulusan yang unggul dalam bidang akademik dan non akademik.

a. Menentukan kriteria ketuntasan belajar peserta didik

b. Menentukan kriteria lulusan terutama pada ujian sekolah untuk semua mata

pelajaran

c. Mengikutsertakan peserta didik untuk kegiatan lomba minimal tingkat kabupaten sampai Nasional.

2. Mewujudkan pendidikan mengembangkan keterampilan abad 21

a. Melakukan kegiatan belajar mengajar mengembangkan sikap kritis, kreatif, kolaboratif, komunikatif

b. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan mengintegrasikan literasi dan numerasi.

c. Melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menumbuhkan pendidikan karakter

3. Membentuk peserta didik yang beriman dan berakhlak mulia melalui kegiatan pembiasaan ( 5 S ,BTQ ,Doa bersama sebelum kegiatan pembelajaran, Sholat Dhuha , Jamaah Sholat dhuhur , Berinfak setaiap hari Jum’at ,dan Kegiatan Keagamaan)

4. Menjadi sekolah Berbudaya Lingkungan melalui Program Adiwiyata dan Pembiasaan yang positif ( Penataan dan Pemiliharaan Taman Sekolah, Penanaman Bibit Tanaman Produktif , Ketrampilan Daur Ulang, Pengolahan hasil samping menjadi makanan )

5. Mewujudkan pendidikan yang mengedepankan pembentukan profil pelajar Pancasila

a. Melaksanakan proyek profil pelajar pancasila untuk seluruh peserta didik

b. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian

c. Mengintegrasikan nilai profil pelajar pancasila dalam kegiatan pembiasaan rutin sekolah dan budaya sekolah.

KELUAR